University of Gunadarma

Rabu, 13 November 2013

Analisa Kasus Bertema Pemuda dan Sosialisasi



KECELAKAAN MAUT di TOL JAGORAWI


Mungkin tak pernah terbayang di benak AQJ atau Dul (13) sebelumnya, jika Minggu dini hari Lancer yang ia kemudikan akan terlibat kecelakaan maut yang menewaskan 6 orang. Berikut kronologi dari kecelakaan yang terjadi di Tol Jagorawi KM 8.

Kecelakaan beruntun antara Lancer, Gran Max dan Avanza, terjadi di KM 8 Tol Jagorawi, terjadi di jalur 3 dan 4 arah Jakarta. Diketahui delapan orang tewas dan Dul berada di salah satu mobil yang terlibat kecelakaan mengalami patah tulang. Saat itu polisi memastikan bahwa pengemudi Lancer adalah Dul yang masih dibawah umur. 

Dul sebagai pengemudi lancer kemungkinan bisa dijerat Pasal 310 ayat 4 UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Selain pihak Mitsubishi yang akan diperiksa sebagai saksi ahli dalam kecelakaan maut yang melibatkan Abdul Qodir Jaelani atau Dul (13), polisi juga menjadwalkan memeriksa Ahmad Dhani, ayah kandung Dul.

Argument :

Kita bisa lihat mirisnya generasi penerus bangsa, anak dibawah umur seperti Dul bisa dengan mudahnya mengendarai mobil sejauh itu tanpa ada pengawasan orang tua. Ini bisa menjadi bukti bahwa peran sosialisasi antar anggota keluarga masih sangat kurang apalagi pada saat usia muda yang masih labil dan keingintahuannya yang besar. Hal ini juga bisa juga terjadi karena pengaruh-pengaruh media masa dan pengaruh dari lingkungan masyarakat atau teman-temannya sehingga dia bisa menjadi sosok yang seperti itu.

Anak usia 13 tahun seperti Dul anak Ahmad Dhani sedang dalam masa transisi. Kondisi psikisnya masih labil, emosional, impulsif, dan keingintahuan yang besar. Seharusnya anak seusia Dul tidak boleh dibiarkan mengemudi di jalan raya. Orang tua harus aktif mengawasi dan bertanggungjawab dengan peristiwa seperti ini. Kondisi psikis seperti inilah yang mungkin memicu kecelakaan yang dialami Dul. Pada kondisi malam dan jalan lengang bisa saja dia terpancing untuk menambah kecepatan sehingga tak terkendali.

Saya mengusulkan adanya gerakan nasional secara masif, bukan saja orang tua, tetapi masyarakat dan pihak aparat kepolisian mengawasi anak-anak agar jangan mengemudikan mobil atau motor di jalan raya. Kepada orang tua, saya juga berpesan, harus ada waktu untuk anak.

 

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR

Nama   : Devi Aprianita Rosadi
NPM    : 1A113057
Kelas   : 4KA38


Tidak ada komentar:

Posting Komentar